Pengembangan Model ADDIE untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Model ADDIE adalah salah satu model desain pembelajaran yang sering digunakan untuk mengembangkan bahan ajar, media pembelajaran, dan program pembelajaran. Model ini terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Model ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, serta efektif dan efisien dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Tahap analisis adalah tahap awal yang meliputi identifikasi masalah, kebutuhan, tujuan, sasaran, dan karakteristik peserta didik. Tahap ini penting untuk menentukan arah dan ruang lingkup pengembangan produk pembelajaran. Tahap desain adalah tahap perencanaan yang meliputi penentuan strategi, metode, media, materi, dan evaluasi pembelajaran. Tahap ini penting untuk menentukan bentuk dan isi produk pembelajaran. Tahap pengembangan adalah tahap pembuatan produk pembelajaran berdasarkan rancangan yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Tahap ini penting untuk menghasilkan produk pembelajaran yang siap digunakan. Tahap implementasi adalah tahap penerapan produk pembelajaran dalam situasi nyata. Tahap ini penting untuk menguji kelayakan dan keterlaksanaan produk pembelajaran. Tahap evaluasi adalah tahap penilaian terhadap proses dan hasil pengembangan produk pembelajaran. Tahap ini penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk pembelajaran, serta memberikan umpan balik untuk perbaikan.
pengembangan model addie pdf download
Download: https://blltly.com/2tGiGC
Model ADDIE dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis produk pembelajaran, baik berbasis cetak maupun digital. Model ini juga dapat disesuaikan dengan konteks dan karakteristik pembelajaran yang diinginkan. Model ini dapat membantu guru atau desainer pembelajaran untuk menghasilkan produk pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi peserta didik.
Referensi:
[^1^] MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) MODEL IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jipai/article/download/11042/pdf
[^2^] (PDF) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model - ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/338424566_Pengembangan_Bahan_Ajar_Berbasis_Addie_Model
[^3^] LEARNING DESIGN USING ADDIE APPROACH TO IMPROVE STUDENTS' CRITICAL ... https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/download/10901/pdf
Model ADDIE memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya populer di kalangan praktisi dan akademisi pembelajaran. Beberapa kelebihan tersebut adalah:
Model ADDIE bersifat fleksibel dan dapat diadaptasi dengan berbagai situasi dan kebutuhan pembelajaran.
Model ADDIE bersifat sistematis dan logis, sehingga memudahkan guru atau desainer pembelajaran untuk mengikuti alur pengembangan produk pembelajaran.
Model ADDIE bersifat komprehensif dan menyeluruh, sehingga memperhatikan semua aspek yang berkaitan dengan pembelajaran, mulai dari analisis hingga evaluasi.
Model ADDIE bersifat iteratif dan siklikal, sehingga memungkinkan guru atau desainer pembelajaran untuk melakukan revisi dan perbaikan produk pembelajaran berdasarkan umpan balik yang diperoleh.
Namun, model ADDIE juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Beberapa kelemahan tersebut adalah:
Model ADDIE bersifat linier dan sekuensial, sehingga dapat mengabaikan aspek dinamis dan kompleks dari pembelajaran.
Model ADDIE bersifat birokratis dan formal, sehingga dapat menghambat kreativitas dan inovasi guru atau desainer pembelajaran.
Model ADDIE bersifat waktu dan sumber daya intensif, sehingga dapat menimbulkan kesulitan dalam implementasi produk pembelajaran dalam skala besar atau dalam waktu singkat.
Model ADDIE bersifat terpusat pada produk dan proses, sehingga dapat mengurangi peran dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran.
29c81ba772